Webinar Veron Fighter 2021: Sustainable Water for Sustainable Life

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on email

Bumi yang kita tinggali semakin bertambah usia. Tak dapat dimungkiri, banyak kemajuan yang telah terjadi, baik itu dari segi teknologi maupun pertumbuhan penduduk bumi. Sebagai manusia, tentu kita semua harus ikut berkembang dan menyesuaikan diri, terhadap perubahan akibat imbas dari kemajuan zaman. Namun selain kemajuan, ada banyak masalah yang ikut terjadi. salah satunya, masalah air. Air yang merupakan komponen penting dalam kehidupan ikut mengambil posisi dalam bayang-bayang krisis. Menurut pendiri sekaligus pimpinan Indonesia Water Institute (IWI) Firdaus Ali, mengatakan hingga saat ini Indonesia masih mengalami krisis ketersediaan air. “Kita kerap kali mengalami kelebihan air pada saat hujan dan kekurangan air pada saat kemarau,” kata Firdaus dalam diskusi virtual peringatan Hari Air Sedunia 2021, Senin (22/03/2021). Kondisi demikian, menyebabkan jumlah debit air di dalam maupun luar tanah menjadi tidak seimbang setiap tahunnya. Menurut Firdaus, jika dibandingkan dengan negara tetangga lainnya sepeti Malaysia, Filipina, Singapura, bahkan Vietnam sekalipun, stok ketersediaan air Indonesia masih jauh di bawah rata-rata. Ditengah pandemi virus corona seperti sekarang, keperluan masyarakat akan air tentunya semakin meningkat. Dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap air, otomatis, hal ini menuntut masyarakat untuk menggunakan air itu sendiri secara berlebihan, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kondisi krisis yang terjadi semakin parah. 

Kondisi demikian, membuat sebagian kaum muda tergerak untuk membuat perubahan dan mencetuskan misi untuk bergerak bersama dalam sebuah kesatuan. Sebuah tim yang tergabung dalam Global Youth Conference 2021, mencetuskan kegiatan seminar secara daring atau lebih dikenal dengan webinar yang merupakan salah satu rangkaian dari acara kampanye digital yang bertajuk, “Sustainable Water For Sustainable Life.”  Kegiatan webinar yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2021 lalu, diikuti oleh peserta se-Indonesia yang tergabung sebagai Veron Fighter dengan narasumber yang ahli dalam bidangnya. Veron Fighter sendiri, merupakan sebuah kampanye online yang diadakan oleh Tim GYC 2021 guna mengajak teman-teman volunteer yang merupakan generasi muda Indonesia, menuju Sustainable Development Goals dengan mengambil poin ke-6 SDGs yaitu “Air Bersih dan Sanitasi Layak.”  Tim Shinta yang tergabung sebagai salah satu tim maketing dalam GYC 2021, sekaligus menjadi penyelenggara dan pencetus kegiatan ini dengan tujuan, memperdayakan air, mengetahui masalah dan solusi mengenai permasalahan air, mengetahui pemanfaatan dan penggunaan air hujan dalam dunia industri. 

Dalam susunan acaranya, webinar dengan tema “Sustainable Water for Sustainable Life” diawali dengan doa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing peserta, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Diisi oleh narasumber yang memberikan banyak ilmu dan informasi baru terkait penjelasan, penggunaan, pemanfaan dari air hujan yang dulu hanya dipandang sebagai rahmat Tuhan bagi para petani serta tumbuhan, namun ternyata, dapat dimanfaatkan dalam bidang industri, sebagai penunjang kehidupan sehari-hari dan bahkan dapat diminum. Kegiatan juga diisi dengan sesi tanya jawab yang menjadi panggung online bagi para peserta untuk berani dan bebas mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan topik, serta mendapatkan jawaban sebagai solusi. Pada akhir rangkaian acara, kegiatan webinar ini diisi dengan pertanyaan-pertanyaan santai oleh moderator serta pengisian link feedback oleh peserta dan sesi foto bersama. Tanggapan-tanggapan yang diterima dari peserta, memberi banyak masukan serta menjadi motivasi bagi penyelenggara agar lebih baik kedepannya. 

“Panitianya ramah-ramah banget acaranya juga asik, sangat menambah pengetahuan baru bagi saya.” 

“Sudah sangat baguss, sip sipp mantap.” 

“Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi dan dapat mengadakan kegiatan secara offline.”

 “Kritik saya mc dan moderator sepertinya kurang berinteraksi pda para audiens yang menyebakan para audiens merasa bosan dan sebaiknya memberikan kuis atau game mengenai materi tersebut agar para audiens semakin semangat.” 

 “Sudah cukup baik dalam penyelenggaraan webinar, akan tetapi terdapat sedikit masukan yaitu agar terus konsisten menyelenggarakan webinar khususnya bertema tentang lingkungan. Karena keadaan lingkungan dari tahun ke tahun semakin rusak. Supaya nanti generasi muda dapat menciptakan solusi terbaik untuk menunda dampak negative dari kerusakan lingkungan.” 

Melalui kegiatan webinar ini, tim Shinta berharap dapat membawa perubahan-perubahan juga memunculkan gagasan dalam bidang pemanfaatan air. Diharapkan pula, agar peserta dapat membagikan ilmu dan melakukan edukasi ke masyarakat agar kita semua sadar bahwa, air yang ada bukan hanya untuk digunakan melainkan untuk dijaga ketersediaannya bagi masa depan. 

Scroll to Top